Friday 1 May 2015

pembangunan tol trans sumatra

Selamat datang jalan tol Trans Sumatera...
Dalam hal pembangunan dan panjang jalan tol, Indonesia ketinggalan dibanding Malaysia. Padahal, luas wilayah Malaysia jauh lebih kecil dibanding Indonesia..Akan tetapi, Malaysia hingga saat ini sudah memiliki panjang jalan tol lebih dari 2000 km sementara Indonesia baru memiliki sekitar 900 km. Hmm...
Hari ini, Presiden Joko Widodo melakukan 'ground breaking' dan peletakan batu pertama pembangunan jalan tol Trans Sumatera di Kab Lampung Selatan, prov Lampung. Pembangunan mega proyek bidang infrastruktur jalan ini akan menelan investasi sekitar Rp 360 Trilyun. Rencana pembangunan ini dimulai sejak pemerintahan Presiden SBY dan sempat tersedat ketika itu. Panjang jalan tol Trans Sumatera diperkirakan sekitar 2800 km. Hari ini, pembangunan dimulai dari ruas jalan tol Bakauheni sampai Terbanggi Besar, prov Lampung sepanjang 140 km. Selanjutnya, ruas Palembang ke Indralaya, prov Sumatera Selatan..Kemudian, ruas Pekan Baru ke Dumai, provinsi Riau dan ruas Medan ke Binjai, prov Sumatera Utara..
Pembangunan jalan tol Trans Sumatera ini digarap oleh konsorsium perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang dipimpin oleh PT Hutama Karya ..
Selamat datang harapan baru rakyat Indonesia.. Semoga terealisasi secepatnya...
Photo : Illustrasi pembangunan jalan tol.

No comments:

Post a Comment